Bupati Muhamad Irwan Hadiri Rakor Dan Penandatanganan MOU Tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Pusat Dan Daerah

oleh -75 views

Senin, 20 Agustus 2019

Sigi-Bupati Mohamad Irwan, menghadiri Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Pusat dan Daerah antar Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Sigi Sekaligus Launching Sistem Kas Daerah Online Pemerintah Kabupaten Sigi.

Rapat yang dilaksankan di Aula Kantor Bupati Sigi ini, dihadiri Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Endah Martiningrum, SE., Ak., M.B.A, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sigi dan Para Pimpinan Cabang Bank di Wilayah Kabupaten Sigi.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Kementerian Keuangan menyampaikan bahwasannya, Pemeritah Daerah Kabupaten Sigi telah dua kali memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK. Dalam penyampaian tersebut juga dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan Pemerintahan dijalankan dalam sebuah sistem yang menghubungkan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yaitu SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara).

“Tujuan dari kerjasama ini yaitu terbentuknya informasi keuangan terpadu antara Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di Kabupaten Sigi serta tersedianya informasi keuangan Pemerintah yang lengkap dan Komprehensif sebagai dasar pembuatan kebijakan strategis”. Kemajuan teknologi terkait pengelolaan keuangan semakin canggih, sehingga pemerintah daerah harus siap mengahadapi tantangan dari kemajuan teknologi ini. Hampir semua transaksi telah dilakukan secara elektronik, sehingga Pemerintah Daerah senantiasa berhati-hati dalam pengambilan setiap kebijakan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Mohamad Irwan mengatakan dalam sambutannya, “Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi telah menetapkan kebijakan transaksi non tunai sejak dua tahun terakhir. mulai dari kebijakan perencanaan, penganggaran, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan telah menggunakan aplikasi SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Daerah) yang dimulai pada tahun 2018 secara online melalui fasilitas Virtual Private Network. Sehingga dengan hal ini akan menjadikan Pemerintah Daerah Sigi sebagai Pemerintah yang lebih akuntabel dan menerapkan Good Governance”.

Diakhir sambutannya beliau berharap, dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan sinergritas dan penguatan pengelolaan keuangan daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Sigi.(irfan)