Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulteng : Lakukan Rakor Stabilitas Harga Menjelang Puasa

oleh -119 views

 

Selasa 30 April 2019

Palu(tvsigi.com) – Bertempat di Aula Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Sigi, Mohamad Irwan menghadiri Rapat Koordinasi dalam Rangka Stabilisasi Harga dan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran Tahun 2019 M/1440 H yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, M.Arif Latjuba dalam laporannya menyampaikan bahwa rapat Koordinasi ini merupakan tindak lanjut rapat koordinasi Nasional yang dilaksanakan pada 20 Maret 2019 lalu di Bandung,Jawa Barat.

Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kesra Setda Provinsi Sulawesi Tengah Bunga Elim Sumba, yang mewakili Gubernur membuka kegiatan rapat tersebut menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pemerintah daerah terkait ketersediaan bahan pokok dan stabilisasi harga, agar masyarakat nantinya dapat melaksanakan ibadah puasa dan lebaran tanpa mengkhawatirkan kelangkaan maupun kenaikan harga bahan pokok.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi sendiri melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah melakukan survei dan pemantauan di dua pasar rakyat besar di Sigi yaitu pasar rakyat Ranggulalo dan Tangarava pada minggu ke III dan IV bulan April 2019. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa harga dan stok untuk barang kebutuhan pokok seperti beras medium (kepala), gula kristal putih (gula pasir), minyak goreng, daging sapi, daging ayam ras, dan bawang relatif stabil, dan diharapkan tetap stabil sampai pelaksanaan lebaran nanti.

Sementara itu, menyambut bulan puasa dan ramadhan tahun ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya pasar murah di delapan (8) kecamatan ( Sigi Biromaru, Dolo, Marawola, Kinovaro, Tanambulava, Palolo, dan Dolo Selatan) mulai 23 April s.d. 2 Mei 2019.(Nur )