MUH. BASIR, SEKDA SIGI BUKA LOKAKARYA DOKUMEN RENCANA PENANGGULANGAN KEDARURATAN BENCANA KAB.SIGI

oleh -99 views

LOKAKARYA DRAF DOKUMEN RENCANA PENANGGULANGAN KEDARURATAN BENCANA KAB.SIGI

Tvsigi.com Palu-Senin,23September 2019
Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh. Basir, SE., MP mewakili Bupati Sigi Menghadiri kegiatan yang dilaksanakan oleh Emergency Responce Capacity Building (ERCB) atas dukungan Partners For Resilience (PFR) dalam pembahasan Lokakarya Draf Dokumen Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana (RPKB) Kab. Sigi. Hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan BNPB RI, Perwakilan BPBD Provinsi, Kepala OPD Se-Sekabupaten Sigi, Kepala Badan SAR Nasional, Para Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat/adat, Perwakilan Universitas, Perwakilan Dunia Usaha, Perwakilan TNI dan Polri, Pimpinan PMI serta Pimpinan NGO Lokal, Nasional/Internasional. Kegiatan ini diselenggarakan di Western Best Hotel Kota Palu sejak tanggal 23 hingga 24 September 2019.

Sekretaris Daerah dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Sigi termasuk wilayah dengan kategori sensitivitas dan kerawanan bencana yang cukup tinggi. Mulai dari rawan bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi dan kebakaran hutan. Kompleksitas dan permasalahan bencana saat terjadi bencana juga turut menjadi rintangan dalam penanggulangan bencana yang ada di Kab. Sigi, seperti waktu yang singkat, kebutuhan mendesak dan berbagai kesulitan koordinasi yang antara lain disebabkan karena banyaknya institusi yang terlibat dalam penanganan darurat bencana, kompetisi dalam pengerahan sumber daya, otonomi yang berlebihan dan ketidakpercayaan kepada instansi pemerintah sehingga penanggulangan darurat bencana yang dilakukan belum didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan terencana, sehingga seringkali terjadi tumpang tindih dan bahkan terdapat langkah atau upaya penting yang terlewat atau bahkan tidak tertangani. Atas hal diatas perlu adanya suatu penataan atau perencanaan yang matang dalam penanggulangannya, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu.

Diakhir sambutan, Beliau berharap ada sebuah sistem yang jelas terhadap draft yg direcanakan mengenai tanggung jawab dan pengelolaan keuangan bencana alam. Selanjutnya Beliau menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kepala BNPB yang tiada henti memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam setiap proses penanganan bencana, ERCB dengan dukungan Partners For Resilience atas dukungannya terhadap Pemerintah Daerah Kab. Sigi untuk memfasilitasi upaya peningkatan kapasitas penanggulangan bencana melalui penyusunan Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana (RPKB) dan tim perumus serta semua pihak yang terlibat dalam penyusunan rencana penanggulangan kedaruratan bencana Kab. Sigi.

VIDEO DOKUMENTASI BUKA LINK BERIKUT ( https://web.facebook.com/100016073560219/videos/539712276574553/?t=0 )