Sigi Bentuk Tim Tindak Perdagangan Orang

oleh -62 views

Sigi- Tindak pidana perdagangan orang, merupakan bentuk modern dari perbudakan manusia serta pelanggaran harkat dan martabat manusia, yang sasarannnya di dominasi oleh kelompok perempuan dan anak-anak. Untuk mencegah dan menangani kasus tersebut berkembang di wilayah Kabupaten Sigi, Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi membentuk Tim Gugus Tugas Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Kabupaten Sigi.

TPPO yang dibentuk tersebut, dikukuhkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh.Basir Lainga bertempat di aula kantor Camat Marawola Kamis (20/6). Muh Basir yang membacakan sambutan Bupati Sigi menyampaikan bahwa, tujuan pembentukan gugus tugas ini adalah, untuk membuat dan melaksanakan hukum dan kebijakan yang terkait dengan perdagangan orang, serta mengkoordinasikan kegiatan antara pemerintah pusat dan daerah, terkait dengan penanganan tindak pidana perdagangan orang.

“jadi dalam hal ini untuk selalu berkoordinasi, sehingga dalam mengambil langkah tidak salah, dan tugas TPPO ini tidak hanya menjadi sebuah lembaga, akan tetapi menunjukan eksennya melihat persoalan yang terjadi dilapangan dan tidak membiarkannya”harap Basir.

Setelah mengukuhkan TPPO, Sekab sigi juga sekaligus membuka kegiatan sosialisasi penguatan kelembagaan bagi gugus Tugas Penanganan TPPO, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sigi. Sosialisasi tersebut diharapkan, dapat menambah pemahaman dan wawasan untuk mengantisipasi tindak pidana perdagangan orang, sekaligus tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala Bidang Pencegahan TPPO Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Dino Ardiana, yang sekaligus menjadi narasumber pelaksanaan sosialisasi. Perwakilan dari masing-masing instansi yang tergabung dalam tim gugus tugas, serta camat di wilayah Kabupaten Sigi.

“saya mengajak kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan stakeholder terkait, untuk dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat, agar tidak mudah terbuai oleh iming-iming dari para pelaku kejahatan perdagangan orang”tegasnya.

Adapun susunan Tim Gugus Tugas yang dikukuhkan yaitu, Ketua Umum (Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan), Ketua Harian (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Sekretaris ( Kabid PHP, PHA, dan PHK Dinas P3A), anggota (Kapolres Sigi, Kajari Donggala, Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Kepala BP3D, Inspektur Inspektorat, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kantor Kementerian Agama).HW